Kamis, 05 Januari 2012

Quantum Learning

QUANTUM LEARNING
Oleh : Miftahudin, S.Pd.I
Operator MIWI Titiwangi, Lampung

Quantum Learning merupakan suatu metode belajar yang dikembangkan dari berbagai konsep yang beranggapan bahwa siswa tidak hanya perlu belajar mengenai pengetahuan, tetapi juga perlu bagi siswa untuk “belajar cara belajar” (learning how to learn). Konsep belajar caranya belajar ini dapat membantu siswa untuk memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah dan efektif.
Pengembangan metode belajar Quantum Learning merupakan penerapan dari konsep belajar cepat (accelerated learning).
Quantum Learning adalah metode belajar yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan yang mengesankan, dengan upaya yang normal, dan dibarengi kegembiraan. Dengan kata lain quantum learning mempunyai arti sebagai pemercepat belajar. Kata kunci dari quantum learning adalah : Kecepatan, Kegembiraan (senang), belajar dengan menyenangkan.
Dalam dunia pendidikan sekolah menengah kebawah, istilah quantum learning dihubungkan dengan istilah quantum teaching. Kedua konsep tersebut saling mendukung satu sama lain. Istilah yang pertama digunakan bagi siswa, sedangkan istilah yang kedua digunakan oleh mereka yang berperan sebagai guru.
Quantum teaching dapat diartikan sebagai pengubah bermacam interaksi yang ada didalam dan di sekitar momen belajar. Interaksi tersebut berarti mengajarkan kepada siswa cara-cara belajar yang efektif (pemercepat belajar).
Asas utama dari quantum teaching adalah konsep : bawalah dunia mereka kedunia kita, dan antarkan dunia kita kedunia mereka----- masukilah dunia siswa-siswa anda.
Hubungan Quantum Learning dan Quantum Teaching
Quantum learning merupakan metode belajar untuk segala usia. Namun bagi siswa menengah pertama kebawah diperlukan bimbingan dari orang yang lebih tua seperti orang tua atau guru untuk dapat menerapkan quantum learning.
Quantum learning dapat diartikan sebagai metode belajar yang membantu siswa untuk membiasakan diri belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Sedangkan quantum teaching adalah cara atau metode yang mengajarkan kepada anak agar mereka membiasakan diri untuk belajar dengan nyaman dan menyenangkan.
Isi Quantum Learning
Quantum Learning berisi penerapan berbagai teori belajar, dimana teori-teori tersebut mendukung siswa untuk belajar dengan lebih cepat dan menyenangkan, sebagai berikut :
1.      Meningkatkan kekuatan berfikir ------- teori otak kanan/ kiri
2.      Menerapkan AMBAK (Apa Manfaatnya BAgi Ku) ------- menetapkan tujuan
3.      Menata lingkungan belajar yang nyaman ------ teori gaya belajar
4.      Memupuk sikap positif -------- reward dan punishment
5.      Mengembangkan gaya belajar ------ teori gaya belajar, pilihan modalitas
6.      Menerapkan dan meningkatkan tehnik mencatat
7.      Meningkatkan tehnik menulis
8.      Meningkatkan daya ingat
9.      Meningkatkan kemampuan membaca
Quantum Learning juga mengajarkan bagaimana menjadikan lingkungan disekitar kita menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. Lingkungan belajar yang nyaman dapat membuat konsentrasi belajar menjadi optimal. Lingkungan tersebut dapat berupa lingkungan fisik maupun suasana.
Selain itu, quantum learning membantu kita mengembangkan nilai dan keyakinan untuk belajar, serta menunjukkan berbagai keterampilan belajar yang dapat kita lakukan untuk membuat belajar menjadi suatu yang lebih mudah dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar