Kamis, 05 Januari 2012

HIPNOTEACHING

Makalah Hipnoteaching
Oleh : Miftahudin


Saat ini, istilah hypnotherapy maupun hypnoparenting sering kali muncul dan dibahas. Kini muncul satu istilah baru lagi, hypnoteaching. Hypnoteaching adalah perpaduan pengajaran yang melibatkan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Hypnoteaching merupakan perpaduan dua kata “hypnosis” yang berarti mensugesti dan “teaching” yang berarti mengajar. Sehingga dapat diartikan bahwa hypnoteaching sebenarnya adalah “menghipnotis/mensugesti” siswa agar menjadi piintar dan melejitkan semua snak menjadi bintang.
Emosional dan psikologis siswa tak luput diperhatikan. Tak kalah pentingnya guru dituntut stabil baik secara emosi dan psikologisnya. Guru pun memiliki cara untuk fresh dan siap mengajar, karena guru akan menularkan virus luar biasa yang akan menular kepada seluruh siswa didalam kelas..
Hypnosis berasal dari kata “hypnos” yang merupakan nama dewa tidur orang yunanai. Kata “hypnosis” pertama kali diperkenalkan oleh james braid, seorang dokter ternama di inggris yang hidup antara tahun 1795-1860. Sebelum masa james braid, hypnosis dikenal dengan nama mesmerism/magnetism. Beberapa devinisi tentang hypnosis antara lain :
          ·          Hypnosis adalah tekhnik atau praktik dalam memengaruhi orang lain untuk masuk kedalam kondisi trance hypnosis.
          ·          Hypnosis adalah suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran) meningkat sangat tinggi.
          ·          Hypnosis adalah seni komunikasi untuk memengaruhi seseorang sehingga mengubah tingkat kesadarannya.
          ·          Hypnosis adalah seeni komunikasi untuk mengeksplorasi alam bawah sadar.
          ·          Hypnosis adalah kondisi keasadaran yang meningkat.
Definisi hypnosis yang dibuat oleh U.S. department of education, human services division, adalah; “hypnosis adalah penembusan factor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimaannya suatu pemikiran atau sugesti”. Pada tahun 1995, british medical association menyatakan bahwa hypnosis layak digunakan untuk mengobati hysteria dan digunakan sebagai anesthesia (untuk mengurangi rasa sakit). Pada tahun 2001, professional affairs board of the british psychological society menyatakan bahwa hypnosis dapat mengurangi kecemasan, stres dan masalah pssikologi lainnya.
Hypnosis dalam aktivitas keseharian, sebelumnya kerap kali kita alami. Namun, seringkali kita tak sadar, bahwa apa yang sudah kita alami adalah serangkaian kegiatan hypnosis dalam keadaan sadar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar